Total Tayangan Halaman

Selasa, 13 Maret 2012

STUDI PERENCANAAN DALAM PARTAI DEMOKRAT


STUDI PERENCANAAN DALAM PARTAI DEMOKRAT


Banyak organisasi dibentuk untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk pergaulan. Hal yang sama terlihat pada organisasi-organisasi yang memiliki sasaran intelektual, atau ekonomi. Adakalanya kebutuhan-kebutuhan sosial seseorang demikian sempurna terpenuhi oleh perusahaan tempat ia bekerja, sehingga orang melontarkan kata-kata “pekerjaan adalah kehidupannya”. Jadi dapat dikatakan bahwa organisasi karena ia membutuhkan dan menikmati kepuasan-kepuasan sosial yang diberikan organisasi-orgabisasi. ”Setiap organisasi berlandaskan antar manusia dalam jumlah besar atau kecil. Kerja sama itu baru dapat menuju pada sasaran yang ditentukan, bilamana ada manajemen terhadap kegiatan bersama itu dan sekaligus terbentuknya organisasi” (Van Der Schroeff, 1967: 33).
Pengertian organisasi itu sendiri dapat disimpulkan dalam dua hal yaitu organisasi dalam arti badan adalah sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu,  organisasi dalam arti bagan atau struktur adalah gambaran secara skematis tentang hubungan-hubungan, kerja sama dari orang-orang yang terdapat dalam rangka usaha mencapai suatu tujuan (Sutarto, 1980).
Salah satu contoh dari organisasi yaitu Partai Demokrat. Dimana Partai Demokrat merupakan salah satu partai yang ada di Indonesia. Partai ini dibentuk pada tanggal 9 September 2001 oleh Susilo Bambang Yudhoyono dan 98 temannya dari seluruh Indonesia. Seperti yang kita ketahui, partai demokrat terbilang baru tetapi kredibilitasnya sudah dapat dibuktikan dengan terpilihnya Susilo Bambang Yudhoyono untuk menjabat sebagai kepala negara Indonesia selama kurun waktu dua periode. Latar belakang pendirian partai ini adalah kondisi perpolitikan Indonesia yang sangat buruk pasca reformasi. Tujuan dari partai ini adalah membangun kehidupan politik yang bersih, cerdas, dan santun.
Visi dari partai Demokrat adalah memujudkan Indonesia yang semakin baik (dinamis), adil, aman, demokratis dan sejahtera. Sedangkan misinya adalah bersama pemerintah dan rakyat dan potensi bangsa yang lain mewujudkan Indonesia yang lebih baik, siapapun dan berasal dari partai apapun kepala pemerintahannya.
Atribut Partai Demokrat yaitu bintang merah putih berujung tiga (didalam warna biru tua dan biru muda ). Atribut tersebut mempunyai makna:
Merah putih     : NKRI, Pancasila, UUD 1945
Tiga                 : Nasionalisme, Pluralisme, Humanisme
Arah bintang   : Ke atas religius, ke samping humanisme
Biru tua           : Tegas, Disiplin, Kesungguhan
Biru muda       : Kedamaian, Ketentraman
            Sifat partai Demokrat itu sendiri adalah terbuka, menerima warga negara Indonesia untuk menjadi anggota tanpa mempersoalkan suku, agama, ras dan golongan.
            Dalam pemilu 2009 partai Demokrat memiliki strategi untuk mendapatkan respon dan dukungan rakyat, salah satunya yaitu dengan slogan. Slogan tersebut antara lain populerkan SBY, Kabinet Indonesia bersatu Partai Demokrat, Laksanakan program kerja untuk rakyat sesuai dengan program Pemerintahan.
            Jalur program penggalangan simpati rakyat itu dapat diibaratkan pertempuran yang harus mengerahkan pasukan dengan berbagai karakteristik, yaitu: Infanteri, Caveleri, Artileri, Program Komando.
            Program invanteri adalah program meyakinkan orang lain oleh kader partai demokrat yang mana kader partai demokrat berfungsi sebagai ”pasukan invanteri” jika menguasai politik dan mampu mengkomunikasikan dengan baik. Program caveleri adalah penggalangan kader kepada sekelompok orang melalui kampanye tertutup, dialog interaktif seminar, ceramah, sarasehan, dll. Cara ini sangat efektif dan relatif murah. Selain massalah politik juga dapat ditambah masalah lain sesuai kebutuhan peserta. Untuk melaksanakan program ini kader partai demokrat harus pandai berbicara di depan umum dan menguasai banyak pengetahuan politik dan non politik.
            Program artiteri adalah penggalangan publik opinion dengan membangun citra:
-          Melalui televisi: kader partai demokrat harus menjadi sumber berita positif.
-          Melalui radio: kader partai demokrat harus menjadi sumber berita positif.
-          Melalui majalah: kader partai demokrat harus menjadi sumber berita positif.
-          Melalui spanduk, bener, sticker, brosur, bendera, poster.
-          Bhakti sosial: pengobatan cuma-cuma, santunan-santunan sosial.
-          Rapat umum, gerakan-gerakan/pawai, pagelaran seni musik, wayang.
Program komando adalah panggalangan tokoh masyarakat berpengaruh yang menguasai masa banyak dan patuh (usaha, pengusaha).

Suatu organisasi bisa terbentuk bila memiliki suatu tujuan yang jelas, disini bila dikaitkan pada partai demokrat tujuannya adalah membangun kehidupan politik yang bersih, cerdas, dan santun. Dengan memandang pengorganisasian sebagai suatu proses, jelaslah banyak input dasar yang harus diperhatikan. Pertama struktur itu harus mencerminkan tujuan-tujuan dan rencana-rencana karena aktifitas perusahaan diturunkan dari situ. Kedua struktur itu harus mencerminkan otoritas yang tersedia bagi manajer-manajer perusahaan. Ketiga struktur organisasi itu harus mencerminkan lingkungannya. Keempat organisasi itu harus diisi dengan staf yang terdiri dari orang-orang. Dalm hal ini, penempatan orang-orang harus disesuaikan dengan tingkat kemampuannya agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik, sehingga tujuan dari perusahaan atau organisasi dapat tercapai.      
Definisi sederhana pengorganisasian ialah keseluruhan proses pengelompokan orang-orang, alat-alat, tugas-tugas serta wewenang dan tanggung jawab sedemikian rupa sehingga tercipta suatu organisasi yang dapat digerakkan sebagai suatu kesatuan yang utuh dan bulat dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
            Struktur organisasi dapat diartikan sebagai susunan dan hubungan-hubungan antar komponen bagian-bagian dan posisi-posisi dalam suatu perusahaan. Suatu struktur organisasi merinci pembagian aktifitas kerja dan menunjukan bagaimana berbagai tingkatan aktifitas berkaitan satu sama lain sampai tingkat tertentu ia juga menunjukkan tingkat spesialisasi dari maktifitas kerja. Selain itu dapat juga menunjukkan hierarki organisasi dan struktur wewenang, serta memperlihatkan hubungan pelaporannya. Struktur organisasi memberikan stabilitas dan kontinuitas yang memungkan organisasi tetap hidup walaupun orang datang dan pergi serta mengkoordinasikan hubungannya dengan lingkungan.
Delegasi kekuasaan atau pelimpahan wewenang merupakan keahlian pemimpin yang penting dan elementer sebab dengan delegasi kekuasaan, seseorang pemimpin dapat melipatgandakan waktu, perhatian, dan pengetahuannya yang terbatas. Bahkan dapat dikatakan, delegasi kekuasaan merupakan salah satu jalan utama bagi setiap pemimpin untuk percaya pada diri sendiri. Kesanggupan untuk menerima tanggungjawab adalah tes pertama bagi seorang pemimpin, tetapi keberanian mendelegasikan kekuasaan pada bawahan, merupakan tanda tanya seorang pemimpin yang sukses.
Struktur kepanitiaan merupakan tingkatan-tingkatan suatu kepanitiaan dalam suatu acara atau kegiatan tertentu. Sifat dari struktur kepanitiaan hanya sementara yaitu hanya berlaku saat kegiatan tersebut berlangsung dan suatu struktur kepanitiaan akan berakhir seiring dengan berakhirnya kegiatan tersebut. Sedangkan struktur pengorganisasian merupakan tingkatan-tingkatan, pembagian-pembagian kerja dalm suatu organisasi yang sifatnya permanen (berlangsung selamanya) selama organisasi teersebut masih tetap berdiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar