Total Tayangan Halaman

Rabu, 07 Maret 2012

MANUSIA dan LINGKUNGAN


MANUSIA dan LINGKUNGAN

            Manusia sebagai makhluk individu dan sosial tidak dapat hidup sendiri karena manusia selalu membutuhkan orang lain dalam kehidupannya. Kebutuhan tersebut menyebabkan suatu kondisi atau keadaan yang disebut lingkungan. Berikut ini merupakan beberapa jenis lingkungan yang mempengaruhi kehidupan manusia :
·         Lingkungan sosial adalah suatu keadaan yang memungkinkan terjadinya hubungan interaksi individu dengan individu, individu dengan kelompok maupun kelompok dengan kelompok.
Contoh : lingkungan kampus → interaksi antara mahasiswa, karyawan dan dosen
·         Lingkungan alam adalah kondisi alamiah baik biotik (hewan dan tumbuhan) maupun abiotik (air, tanah, mineral dan sebagainya) yang belum banyak dipengaruhi oleh tangan manusia dan yang menyebabkan kerusakan kondisi alam tersebut.
Manusia dan alam haruslah memiliki hubungan yang selaras dan seimbang agar tidak terjadi kerusakan pada alam.
Contoh : jika hubungan tidak seimbang → terjadi banjir, kebakaran hutan dan sebagainya.
·         Lngkungan budaya adalah segala kondisi baik yang berupa materi maupun non materi yang dihasilkan oleh manusia melalui aktivitas, kreatifitas dan penciptaan yang berpengaruh terhadap lingkungan alam.
Contoh : berupa materi → bangunan, peralatan, senjata, pakaian dan lain-lain. Sedangkan yang berupa non-materi → norma, tata nilai, peraturan, hukum, sistem politik, sistem ekonomi, sistem pemerintahan dan lain-lain.

Pandangan Manusia terhadap Lingkungan :
1.      Pandangan manusia terhadap lingkungan yang dipengaruhi determinisme
Menyatakan bahwa manusia sangat tergantung pada alam, yang artinya bahwa kapasitas dan aktivitasnya ditentukan oleh alam dimana dia berada, sedangkan upaya manusia untuk mengkreasikan lingkungannya sangat terbatas pada kemampuannya.
2.      Faham Posibilisme
Memandang lingkungan alam berpengaruh terhadap manusia tetapi tidak menentukan, melainkan hanya memberi peluang dan kemungkinan pada manusia untuk berkembang.
3.      Faham Optimisme Teknologi
Faham ini memandang bahwa manusia dengan kemampuan IPTEK yang dimilikinya dapat menciptakan kebudayaan dan mengkreasikan lingkungan alam sesuai dengan keinginannya karena alam bukan lagi hambatan untuk kemajuan manusia. Selain itu, lingkungan alam manusia juga dipengaruhi oleh faktor demografi dan kesejahteraan hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar