Total Tayangan Halaman

Selasa, 13 Maret 2012

OPENOFFICE DRAW


OPENOFFICE DRAW

OpenOffice.org adalah sebuah paket aplikasi perkantoran berkode sumber terbuka (open source) yang dapat diperoleh secara gratis. Paket tersebut termasuk komponen-komponen pengolah kata, lembar kerja, presentasi, ilustrasi vektor, dan gudang data. OpenOffice.org ditujukan sebagai pengganti bagi Microsoft Office dan dapat dijalankan di atas berbagai platform, di antaranya Windows, Solaris, Linux, dan Mac OS X. OpenOffice mendukung standar dokumen terbuka untuk pertukaran data, dan dapat digunakan tanpa biaya.
Tampilan-tampilan seluruh aplikasi OpenOffice.org dibuat sedemikian rupa sehingga mirip dengan Microsoft Office. Hal ini menyebabkan pengguna yang baru memulai menggunakan OpenOffice.org dan sebelumnya menggunakan Microsoft Office dapat langsung beradaptasi dengan mudah. Salah satu aplikasi open office yaitu open office draw.
OpenOffice.org Draw merupakan perangkat lunak untuk membuat dan memanipulasi gambar digital terutama gambar-gambar 2 dimensi yang dapat digunakan untuk melengkapi dan menghiasi file dokumen kantor yang terpaket dalam aplikasi OpenOffice.org. Pembuatan gambar dan simbol sederhana bisa dengan mudah dibuat dengan aplikasi ini seperti lingkaran, kotak, garis termasuk pewarnaannya, bahkan aplikasi ini mempunyai fasilitas untuk memanipulasi gambar 2 dimensi menjadi gambar 3 dimensi.
OpenOffice.org Draw menyediakan beragam fungsi kompleks untuk membuat gambar, diagram, tabel, dan presentasi bisnis lainnya. File tersebut kemudian dapat disimpan menjadi format EPS, BMP, EMF, GIF, JPEG, dan lainnya. Apabila diinginkan, file juga bisa diekspor ke format flash ataupun PDF. Program ini berorientasi objek dan mengizinkan pelapisan berbagai bentuk pekerjaan. OpenOffice.org dapat dijalankan dari K-Menu->Office->OpenOffice.org Draw
Dibawah title bar jendela ( dengan logo kupu-kupu) di dalam openoffice.org draw Anda bisa melihat 3 command bar. Diantaranya, dalam urutan tampilan:
1.      Menu Bar
Menu bar terdiri dari Menu utama yang tersedia di Draw.
2.      Function Bar
Function bar menampilkan ikon untuk mengakses fungsi seperti Open, save, Copy, Cut, Paste dan fungsi umum OpenOffice.org yang lain.
3. Object bar
Tombol yang tersedia pada object bar antara lain style and formatting, line, arrow style, line style, line color, area style, dll.Object bar memiliki beberapa peralatan gambar spesifik dan bisa digunakan untuk memodifikasi tampilan sebuah obyek ketika dipilih (line style, warna dan ketebalan; fill style, dan warna).

Meski beberapa orang berfikir bahwa ketiga bar tersebut tidak dapat diubah, sebenarnya itu tidak terlalu benar. Faktanya, pengguna dapat memodifikasi ikon dan fungsi yang ada pada bar tersebut berdasarkan kebutuhan dengan meng-klik tombol kanan mouse pada Main Toolbar atau Object Bar. Sebuah menu konteks akan tampil. Kemudian, pilih 'Configure...'atau 'Customize...' untuk mengubah isi dari bar tersebut. Sebagai tambahan, dengan memilih 'Visible Buttons' pengguna dapat menambah/menghilangkan beberapa tombol. Dari menu konteks yang sama, pengguna juga dapat melakukan pada bar yang lain, disebut Options Bar yang dinonaktifkan secara default. Yang berisi tombol tambahan untuk mengakses peralatan posisi dan modifikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar