Total Tayangan Halaman

Rabu, 15 Februari 2012

makalah perbandingan microsoft visio dan autocad


BAB 1. PENDAHULAUAN
1.1  Latar Belakang
Microsoft Visio adalah software pembuat diagram dan flowchart bebasis vektor yang awalnya dibuat oleh Visio Corportion. Pada tahun 1995, Visio 4.0 dirilis. Ini merupakan versi Visio pertama yamg dapat berjalan di windows 95, dan sekaligus menjadi versi terakhir sng dibuat Visio Corporation. Bulan Januari 2000, Microsoft mengakuisisi Visio Corporation dengan membeli seluruh sahamnya. Ini merupakan akuasisi terbesar yang pernah Microsoft lakukan. Kini Visio merupakan salah satu defisi diMicrosoft dan terus mengembangkan software dengan nama barunya: Microsoft Office  Visio. Visio mulai terintegrasi didalam Microsoft Office 2007. Sejumlah fitur baru ditambahkan, terutama diintegrasi antara data dan diagram, serta otomatisai dalam pembuatan bagan dan diagram.
AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk membuat gamabar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD secara keseluruhan adalah perangkat lunak CAD yang paling banyak digunakan didunia. AutoCAD digunakan oleh insinyur sipil, pengembangan lahan, arsitek, insinyur mesin, desainer interior, dan lain-lain.
AutoCAD merupakan program grafik yang sangat andal dalam penanganan gamabar-gambar teknik yang berbasis vektor. Selain akurasinya, juga keanekaragaman menu yang fleksibel. Apabila hanya ingin menggambar sebuah denah, peta, blok mesin, atau desain arsitektur, bahkan AutoCAD versi lama pun sudah memilki perintah-perintah gambar yang memadai, sehingga sesuai dengan namanya, layak disebut sebagai perangkat Computer Aided Design (CAD).
1.2  Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan Microsoft Visio ?
2. Apa yang dimaksud dengan autocad ?
3. Apa perbedaan antara Microsoft Visio dengan autocad ?

1.3   Tujuan
Adapun tujuan dari penyusunan makalah ini yaitu :
1.      Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang program Microsoft Visio.
2.      Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang program AutoCAD.
3.      Mahasiswa mampu menjelaskan tentang perbedaan antara program Microsoft Visio dan program AutoCAD.























BAB 2. PEMBAHASAN
Microsoft Visio (atau sering disebut visio) adalah sebuah program aplikasi komputer yang sering digunakan untuk membuat diagram, diagram aliran (flowchat), brainstorm, dan skema jaringan yang dirilis oleh microsoft  Corporation. Aplikasi ini menggunakan grafik vektor untuk membuat diagram-diagramnya(http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Visio).
Visio sebenarnya bukan buatan microsoft  Corporation, melainkan Visio Corporation yang dikuasai oleh microsoft pada tahun 2000. Versi yang telah menggunakan nama Microsoft Visio adalah isio 2002, 2003, dan Visio 2007yang merupakaqn versi terbaru. Visiso standart dan profesionali menawarkan antarmuka pengguna yang sama, tetapi seri professional neawarkan lebih banyak pilihan template untuk pembuatan diagram yang lebih lanjut dan penataan letak (layout). Selainitu, seri professional juga memudahkan pengguna untuk mengoneksikan diagara-diagram buatan mereka pada beberapa sumber  data dan juga menampilkan informasi secara visual dengan menggunakan grafik.

Apabila kita menggmbar yang kita lakukan adalah menarik garis, baik lurus atau pun lengkung, menyapu dengan kuas, atau menymprot dengan sprayer. Pada gambar-gambar teknik, yang paling dominan adalah bentuk-bentuk garis dengan dimensi yang akurat. Jenis gambar seperti inilah yang pada awalnya menjadi dasar perencanaan perangkat lunak AutoCAD. Jenis gambar semacam ini dalam bentuk didefinisikan dengan kumpulan vektor, yakni garis yang mempunyai ukuran dan arah tertentu sehingga gambarnya sendiri sering disebut gambar digital bebasis vektor (vector based). Jenis gambar ini sangat berbeda denagn jenis gambar digital yang didefinisikan atas dasar titik atau sekelompok titik(Mikael Sugianto,2007).
Format data asli autoCAD, yaitu DWG, dan yang lebih tidak populer, yaitu format data yang bisa dipertukarkan (interchanged file format) DXF, secara de facto menjadi standar data CAD. Akhir-akhir ini, AutoCAD sudah menukung DWF, sebuah format yang diterbitkan dan dipromosikan oleh Autodeskuntuk mempublikasikan data CAD. AutoCAD saat ini hanya berjalan disistem oprasi Microsoft. Versi untuk s Unix dan Manchitosh sempat dikeluarkan pada tahun 1980-an dan 1990-an, tetapi kemudian tidak dilanjutkan.AutoCAD masih bisa berjalan diemulator, seperti cirtual PC atau Wine. Adapun perbedaan antara Microsoft Visio dan Autocad adalah :
           Ruang kerja atau  bidang kerja,
           Menu ataupun Toolbar
           Fleksibelitas Skala
           Akurasi
           Kepraktisan, kemudahan dan ketelitian (Tulip Information Solution,2003).
Secanggih apapun sebuah software, mesti disadari bahwa setiap disiplin ilmu memerlukan fasilitas peggambaran yang sering kali jauh berbeda. Dalam dunia arsitektur dan mesin, misalnya seing menggunakan bentuk-bentuk lengkung (curve) dan pendimensian, dua hal yang justru jarag digunkan dalam penggambaran peta. Sementara jika Geodet dan Kartografer menurut adanya fasilitas “rektifikasi” dan “proyeksi peta” misalnya, maka fungsi semacam ini tentu kurang berguna bagi dunia arsitektur dan mesin.
Menyadari kondisi tersebut, AutoDesk mengembangkan paket-paket berbasis AutoCAD yang lebih spesifik. Beberapa contohnya sebagai berikut:
*      Autodesk Field Survey untuk menangani proses-proses pengolahan data survei lapangan, misalnya untuk mengolah data dari teodolitdigital atau Total Station.
*      AutoCAD Map yang menangani proses-proses grafis/pengambaran peta, topologi, juga proses rubber sheeting sebagai sarana rektifikasi digital. Paket ini dikenal pula sebagai perangkat SIG dari Autodesk.
*      AutoCAD Land  Development untuk keperluan perencanaan site plan . proses penggambaran kontur secara otomatis dapat ditangani dengan paket ini.
*       Autodesk CivilCAD untuk keperluan perencanaan teknik sipil, desain jalan, galian dan timbunan, dan lain-lain. Pembatan potongan memanjang dan melintang bisa diperoleh secara instan dengan paket ini.
*      Autodesk Agricultural Desktop untuk keperluan dunia arsitektur.
*      Autodesk Mechanical Desktop untuk keperluan dunia teknik mesin(Suparno Sastra M,2009).

Ada beberapa sistem koordinat di AutoCAD yang dapat dipakai untuk menentuakan suatu titik-titk tehadap sumbu-sumbu X, Y, Z dan sudut yang terbentuk. Sebetulnya jumlahnya ada empat cara, yaitu cara Cartesian, Polar, Spherical dan cylindrical. Cara polar dipakai hanya untuk dua dimensi (2D) saja, sedangkan cara Cartesian dapat dipakai untuk dua dimensi (2D) maupun tiga dimensi (3D). Cara Spherical dan cylindrical dipakai hanya untuk menentukan titik koordinat suatu tiga dimensi. Jadi, tiga cara dapat dipakai untuk menentukan koordinat suatu titik di ruang ialah Cartesian, Spherical, dan Cylindrical(Widi Yulianto,2003).
BAB 3. PENUUP

3.1 Kesimpulan
1.       AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi. AutoCAD adalah salah satu program desain gambar dengan bantuan komputer yang cukup canggih.
2.       Microsoft Visio (atau sering disebut visio) adalah sebuah program aplikasi komputer yang sering digunakan untuk membuat diagram, diagram aliran (flowchat), brainstorm, dan skema jaringan.
3.         Adapun perbedaan antara Microsoft Visio dan Autocad adalah :
·         Ruang kerja atau  bidang kerja,
·         Menu ataupun Toolbar
·         Fleksibelitas Skala
·         Akurasi
·         Kepraktisan, kemudahan dan ketelitian

3.2.      Saran
      Sebaiknya asisten lebih jelas lagi dalam menerangkan tentang materi praktikum yang akan dilaksanakan, agar praktikum dapat berjalan dengan lancar.









DAFTAR PUSTAKA

Sastra M, Suparno. 2009. Desaian Objek 3D Dengan Menggunakan AutoCAD.Jakarta: Alex Media Kompetindo.
Yulianto, Widi. 2003. Aplikasi AutoCAD untuk pemetaan dan SIG. Jakarta: Alex Media Kompetindo
Sugianto, Mikael. 2007. Microsoft visio 2007. Jakarta: Salemba infotek
Tulip Information Solution. 2003. Belajar Sendiri Microsoft Visio. Jakarta: Alex Media Kompetindo.
(http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Visio


Tidak ada komentar:

Posting Komentar