Total Tayangan Halaman

Rabu, 15 Februari 2012

makalah ekonomi teknik


 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
        Usaha Kecil dan Menengah disingkat UKM adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Dan usaha yang berdiri sendiri. Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.”
Usaha kecil dan menengah (UKM) memegang peranan penting dalam ekonomi Indonesia, baik ditinjau dari segi jumlah usaha (establishment) maupun dari segi penciptaan lapangan kerja. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh BPS dan Kantor Menteri Negara untuk Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menegkop & UKM), usaha-usaha kecil termasuk usaha-usaha rumah tangga atau mikro (yaitu usaha dengan jumlah total penjualan (turn over) setahun yang kurang dari Rp. 1 milyar), pada tahun 2000 meliputi 99,9 persen dari total usaha-usaha yang bergerak di Indonesia. Sedangkan usaha-usaha menengah (yaitu usaha-usaha dengan total penjualan tahunan yang berkisar antara Rp. 1 Milyar dan Rp. 50 Milyar) meliputi hanya 0,14 persen dari jumlah total usaha. Dengan demikian, potensi UKM sebagai keseluruhan meliputi 99,9 per sen dari jumlah total usaha yang bergerak di Indonesia.
Data-data tersebut menunjukkan bahwa UKM berada di sebagian besar sektor usaha yang ada di Indonesia. Apabila mau dicermati lebih jauh, pengembangan sektor swasta, khususnya UKM, perlu untuk dilakukan mengingat sektor ini memiliki potensi untuk menjaga kestabilan perekonomian, peningkatan tenaga kerja, meningkatkan PDB, mengembangkan dunia usaha, dan penambahan APBN dan APBD melalui perpajakan.
        Eksistensi UKM dalam menyokong perekonomian Indonesia tak dapat diragukan lagi. UKM telah terbukti mampu bertahan dan menjadi roda penggerak utama perekonomian Indonesia selama terjadi krisis. Dalam perkembangan persebaran UKM dari tahun 1998 hingga tahun 2005 masih didominasi oleh UKM yang bergerak di bidang pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan. Kemudian disusul oleh sector perdagangan, hotel dan restoran. Sedangkan paling sedikit adalah UKM yang bergerak di sektor listrik, gas dan air bersih.
Dalam kehidupan sehari-hari kita memerlukan suatu barang untuk memenuhi kebutuhan kita, salah satunya yaitu pakaian. Istilah orang Jawa sandang, pangan dan papan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi manusia dalam menjalani hidupnya. Sandang yang berarti pakaian memang penting bagi kita. Dari bermula karena alasan kebutuhan pokok, kini pakaian juga telah berkembang pesat hingga menghadirkan model yang bervariasi. Besarnya minat para konsumen dengan perkembangan pakaian membuat segala peluang usaha yang berhubungan dengan pakaian tidak pernah sepi dari pelanggan. Trend mode pakaian yang mengalami perubahan dalam waktu singkat, menyebabkan derasnya arus bisnis pakaian.
Untuk menyelesaikan tugas akhir  praktikum Ekonomi Teknik, saya menganalisis usaha kecil menengah tentang pakaian, yaitu usaha kecil menengah toko pakaian. Dengan  melakukan usaha tersebut, penjual memperoleh laba yang lumayan besar.

1.2 Tujuan
Mengetahui dan menganalisa investasi, pendapatan dan pengeluaraan suatu Usaha Kecil Menengah (UKM).

1.3 Manfaat
·         Dapat mengetahui definisi UKM.
·         Dapat menganalisa investasi, pendapatan dan pengeluaran suatu UKM.
·         Dapat mengetahui suku bunga yang ada pada masa sekarang.











DATA

Dalam kehidupan sehari-hari kita memerlukan suatu barang untuk memenuhi kebutuhan kita, salah satunya yaitu pakaian Oleh karena itu saya melakukan observasi tentang usaha pakaian. Observasi dilakukan di dua usaha toko pakaian yang berbeda, yaitu toko pakaian “Murah Jaya” yang terletak di jalan KH.Ghozali Asy’ari no.96, Wonosari-Bondowoso dan toko pakaian “Zahira” yang terletak di jalan KH.Ghozali Asy’ari no.56,Wonosari-Bondowoso.
Dari hasil observasi, maka dapat ditemukan data-data sebagai berikut :

“Toko Murah Jaya”
“ Toko Zahira”
Investasi/modal usaha
Rp. 9.000.000,00

Rp. 7.000.000,00
Pendapatan per bulan
Rp. 3.000.000,00

Rp. 2.000.000,00
Pengeluaran per bulan
Rp. 1.500.000,00

Rp. 1.000.000,00
Umur Ekonomis
24 bulan

24 bulan
Suku bunga sekarang/BI rate
6,5%
6,5%

Dengan adanya data tersebut, maka dapat dicari nilai sisa atau F menggunakan metode (B/C ratio, Alternatif, dan IRR
ANALISIS DATA
TOKO PAKAIAN MURAH JAYA
I           = Rp.9.000.000,00
Am      = Rp.3.000.000,00 per bulan
Ak       = Rp.1.500.000,00 per bulan
                                  Am= 3 jt            i= 6,5%                   F..?
                                                       
                    0         1        2       3              22       23    24   
                        I= 9 jt                        Ak= 1,5 jt       n= 24 bulan


data:
TOKO PAKAIAN MURAH JAYA



MARR
6.50%










BULAN
HARGA
PENDAPATAN
PENGELUARAN
NILAI SISA
NET CASH FLOW
0
-9,000,000



-9,000,000
1

3,000,000
-1,500,000

1,500,000
2

3,000,000
-1,500,000

1,500,000
3

3,000,000
-1,500,000

1,500,000
4

3,000,000
-1,500,000

1,500,000
5

3,000,000
-1,500,000

1,500,000
6

3,000,000
-1,500,000

1,500,000
7

3,000,000
-1,500,000

1,500,000
8

3,000,000
-1,500,000

1,500,000
9

3,000,000
-1,500,000

1,500,000
10

3,000,000
-1,500,000

1,500,000
11

3,000,000
-1,500,000

1,500,000
12

3,000,000
-1,500,000

1,500,000
13

3,000,000
-1,500,000

1,500,000
14

3,000,000
-1,500,000

1,500,000
15

3,000,000
-1,500,000

1,500,000
16

3,000,000
-1,500,000

1,500,000
17

3,000,000
-1,500,000

1,500,000
18

3,000,000
-1,500,000

1,500,000
19

3,000,000
-1,500,000

1,500,000
20

3,000,000
-1,500,000

1,500,000
21

3,000,000
-1,500,000

1,500,000
22

3,000,000
-1,500,000

1,500,000
23

3,000,000
-1,500,000

1,500,000
24

3,000,000
-1,500,000
900,000
2,400,000






HASIL:





IRR:
16.26%




PW
 Rp          9,000,000.00
 Rp        8,624,084.37
198541.7853


B/C RATIO
 Rp                           0.98





TOKO PAKAIAN ZAHIRA
I           = Rp.7.000.000,00
Am      = Rp.2.000.000,00 per bulan
Ak       = Rp.1.000.000,00 per bulan
                                  Am= 2 jt            i= 6,5%                   F..?
                                                       
                    0         1        2       3              22       23    24   
                        I= 7 jt                          Ak= 1 jt        n= 24 bulan


DATA:
TOKO PAKAIAN ZAHIRA



MARR
6.50%










BULAN
HARGA
PENDAPATAN
PENGELUARAN
NILAI SISA
NET CASH FLOW
0
-7,000,000



-7,000,000
1

2,000,000
-1,000,000

1000000
2

2,000,000
-1,000,000

1000000
3

2,000,000
-1,000,000

1000000
4

2,000,000
-1,000,000

1000000
5

2,000,000
-1,000,000

1000000
6

2,000,000
-1,000,000

1000000
7

2,000,000
-1,000,000

1000000
8

2,000,000
-1,000,000

1000000
9

2,000,000
-1,000,000

1000000
10

2,000,000
-1,000,000

1000000
11

2,000,000
-1,000,000

1000000
12

2,000,000
-1,000,000

1000000
13

2,000,000
-1,000,000

1000000
14

2,000,000
-1,000,000

1000000
15

2,000,000
-1,000,000

1000000
16

2,000,000
-1,000,000

1000000
17

2,000,000
-1,000,000

1000000
18

2,000,000
-1,000,000

1000000
19

2,000,000
-1,000,000

1000000
20

2,000,000
-1,000,000

1000000
21

2,000,000
-1,000,000

1000000
22

2,000,000
-1,000,000

1000000
23

2,000,000
-1,000,000

1000000
24

2,000,000
-1,000,000
700,000
1700000






HASIL:





IRR:
14%




PW
-7,000,000
Rp. 4,831,136.24
154421.3886


B/C RATIO
-0.547305178






















PEMBAHASAN

            Dari analisis yang dilakukan terhadap kedua UKM toko pakaian di atas, di dapat bahwa pada toko pakaian “Murah Jaya” dengan jumlah investasi Rp. 9.000.000,00 , pendapatan Rp. 3.000.000 per bulan, pengeluaran atau biaya Rp. 1.500.000,00 per bulan maka dapat diperoleh nilai F (yang akan datang) sebesar Rp.900.000,00. Dengan menggunakan metode B/C ratio diperoleh hasil sebesar Rp. 0.98. Dengan metode Alternatif diperoleh hasil nilai NPW sebesar Rp        8,624,084.37. Sedangkan nilai IRR sebesar 16.26%.
            Sedangkan pada toko pakaian “Zahira” dengan jumlah investasi Rp. 7.000.000,00 , pendapatan Rp. 2.000.000 per bulan, pengeluaran atau biaya Rp. 1.000.000,00 per bulan maka dapat diperoleh nilai F (yang akan datang) sebesar Rp. 700.000,00. Dengan menggunakan metode B/C ratio diperoleh hasil sebesar -0.547305178. Dengan metode Alternatif diperoleh hasil nilai NPW sebesar Rp. 4,831,136.24. Sedangkan nilai IRR sebesar 14%.
            Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa  kedua UKM tersebut layak untuk tetap dijalankan. Karena nilai IRRnya lebih besar dari MARR.


           





KESIMPULAN

Dari observasi yang dilakukan terhadap  kedua UKM toko pakaian di atas, yaitu toko pakaian  “Murah Jaya” dan toko pakaian “Zahira” maka dapat ditarik kesimpulan :
  • Dalam melakukan suatu usaha maka kita akan melakukan suatu investasi ataupun pengeluaran dan akan menghasilkan keuntungan dari pendapatan.
  • Toko pakaian Murah Jaya mendapatkan keuntungan sebesar  Rp.8.397.268,249 tiap bulan. Sedangkan toko pakaian “Zahira” mendapatkan keuntungan sebesar 4. 672.675.666 perbulannya.
  • Pendapatan yang diperoleh oleh UKM ini tidak akan sama setiap bulannya karena hal tersebut dipengaruhi oleh minat konsumen, tetapi dalam analisis ini diambil rata-rata pengeluaran dan pendapatan tiap bulannya.
  • Nilai IRR lebih besar daripada nilai MARR sehingga UKM ini layak untuk tetap dijalankan. Akan tetapi toko “Murah Jaya” lebih menguntungkan daripada toko “Zahira”.









DAFTAR PUSTAKA
Adiningsih, Sri. 2008. 1 dekade pasca-krisis Indonesia. Yogyakarta : Penerbit Kanisius
Anonim. 2010. Petunjuk Praktikum Ekonomi Teknik. Jember : Laboratorium      Manajemen Agroindustri Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember
Anonim. 2010. Usaha Kecil dan Menengah. http://id.wikipedia.org/wiki. [Online] diakses tanggal 22 Desember 2010.
Firdausy, Carunia Mulya. 2010. Prospek Bisnis UKM dalam Era Perdagangan Bebas dan Otonomi Daerah. http://www.smecda.com. [Online] diakses tanggal 22 Desember 2010.
















       


ANALISA USAHA KECIL MENENGAH “ TOKO PAKAIAN


MAKALAH
Dibuat untuk menyelesaikan tugas akhir Praktikum Ekonomi Teknik



Oleh :
Hadiyatur Rahmah
(091710201036)



JURUSAN TEKNIK PERTANIAN
FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN
UNIVERSITAS JEMBER
2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar