SOAL
1. Bagaimana
mencari gaji pokok yang tertinggi ?
2. Apa
fungsi dari ascending dan descending ?
JAWABAN
1. Yaitu dengan membuat Query, dimana query
merupakan permintaan yang diberikan oleh user untuk mengambil informasi yang
tersimpan dalam database. Fungsi dari Query sendiri adalah untuk menyaring dan
menampilkan data dari berbagai kriteria dan urutan yang kita kehendaki. Caranya
:
a.
Masuk ke tab Create
b.
Klik Query design
c.
Klik kanan kemudian pilih SQL View
d.
Ketikkan perintah query nya, yaitu gaji
pokok tertinggi
e.
setelah selesai klik tombol tanda seru
(RUN) untuk menjalankan query/perintah
f.
kemudian lihat perubahan yang terjadi.
2. Order dibutuhkan untuk mengurutkan data atau
record berdasarkan urutan-urutan tertentu. Terdapat dua metode urutan didalam
Access, yaitu Ascending dan Descending.
a. Ascending mengurutkan data dari nilai terkecil ke
nilai terbesar, misal dari A s/d Z, dari 1 s/d 10, dan dari 1-Jan s/d 31-Des.
b. Descending kebalikan dari ascending, yaitu
mengurutkan data dari nilai terbesar ke nilai terkecil, misalnya dari Z s/d A,
dari 10 s/d 1, dan dari 31-Des s/d 1-Jan.
Dalam menentukan Order tersebut dapat melalui 2
cara, yaitu :
1. Order Secara Manual (Lewat Menu, Toolbar dan
Popup Menu)
Untuk
mengurutkan data secara manual, klik dahulu column atau salah satu field
didalam column yang hendak di urutkan, kemudian lakukan salah satu langkah
berikut ini:
·
Untuk sort ascending, pilih dahulu field
pada column yang hendak disort, kemudian klik menu Records -> Sort ->
Sort Ascending atau klik toolbar Sort Ascending atau klik kanan field pada
column yang hendak disort tersebut, kemudian pilih menu Sort Ascending.
·
Untuk sort descending, pilih dahulu
field pada column yang hendak disort, kemudian klik menu Records -> Sort
-> Sort Descending atau klik toolbar Sort Descending atau klik kanan field
pada column yang hendak disort tersebut, kemudian pilih menu Sort Descending.
Namun metode ini hanya bisa mengurutkan data atau
record berdasarkan satu field saja.
2. Order Melalui Properties Object Tersebut
Untuk
object Table, Query, Form dan Report, ketika kita masuk ke mode design view,
terdapat properties Order yang dapat kita set nilainya untuk mengurutkan data
atau record di dalam object tersebut saat berada pada mode Object View (Run).
Properties Order ini letaknya tepat berada dibawah properties Filter, dengan
nama property "Order By". Keuntungan metode ini dibanding metode
sebelumnya adalah pada metode ini bisa mengurutkan data atau record berdasarkan
lebih dari satu field. Tata cara menulis property "Order By" ini
adalah sbb:
-
Untuk mengurutkan data secara Ascending,
maka cukup ditulis nama fieldnya saja. Misalnya: "CustomerID"
-
Untuk mengurutkan data secara
Descending, maka harus ditulis nama fieldnya dengan diakhiri dengan kata DESC.
Misalnya: "CustomerID DESC"
-
Jika pengurutan data berdasarkan pada
lebih dari satu field, maka harus dipisah dengan tanda koma (,) antara
masing-masing field tersebut. Misalnya: "CustomerID, CompanyName,
ContactName DESC"
-
Jika terdapat spasi di dalam nama field,
maka penulisan nama field tersebut harus diapit dengan symbol []. Misalnya:
"[Customer ID], [Company Name], [Contact Name] DESC"
Setelah
properties Order diset, maka untuk melihat hasil pengurutan data di dalam
Object tersebut, harus di Apply Filter/Sort, diantaranya bisa menggunakan menu
Records -> Apply Filter/Sort. Adapun untuk object report, kita dapat
menampilkan hasil dari properties "Order By" ini secara otomatis,
dengan cara diset secara langsung melalui properties "Order By On" =
Yes.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar