Total Tayangan Halaman

Senin, 12 Maret 2012

pendahuluan dasar-dasar ilmu tanah


1.      Apa yang dimaksud dengan tanah ?
Tanah merupakan hasil evolusi dan berubah sepanjang waktu. Menurut Foth (1998), tanah ialah bahan mineral yang tdak pepat (unconsolidated) pada permukaan tanah yang telah dan akan selalu digunakan untuk percobaan serta dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan : bahan induk, iklim (termasuk kelembaban dan suhu), makro dan mikro organisme serta topografi yang semuanya berlangsung pada suatu periode tertentu dan menghasilkan produk tanah yang berbeda dari bahan asalnya baik sifat fisika, kimia dan biologi serta ciri-cirinya.
Sedangkan menurut Soil Survey Staff (1998), tanah ialah benda alam yang tersusun dari padatan (bahan mineral dan anorganik), cairan dan gas, yang menempati permukaan daratan, dicirikan oleh lapisan-lapisan (horison) yang dapat dibedakan dari bahan asalnya sebagai produk dari proses penambahan, kehilangan, pemindahan dan transformasi energi dan materi.
2.      Apa saja komponen penyusun tanah ?
a.       Bahan padatan berupa bahan mineral (45 %)
b.      Bahan padatan berupa bahan organik (5 %)
c.       Air (30 %)
d.      Udara (20 %) (Madjid, 2008).
3.      Jelaskan fungsi tanah terhadap lingkungan !
Tanah mempunyai peranan penting dalam lingkungan karena berfungsi sebagai penyaring, penyangga dan sistem transformasi sehingga mampu melindungi kita dari pengaruh pencemaran akibat kegiatan industri modern (Sutanto, 2005).
4.      Sebutkan fungsi tanah terhadap pertanian !
a.       Tempat tumbuh dan berkembangnya perakaran tanaman
b.      Penyedia kebutuhan primer tanaman (air,udara, dan unsur hara)
c.       Penyedia kebutuhan sekunder tanaman (zat-zat pemacu tumbuh : hormon, vitamin, dan asam-asam organik ; antibiotik dan toksin anti hama ; enzim yang dapat meningkatkan kesediaan hara)
d.      Sebagai habitat biota tanah (Madjid, 2008)

Foth, Henry D. Dasar-dasar Ilmu Tanah. Yogyakarta : UGM Press
Madjid, Abdul. 2008. Definisi Tanah, Fungsi dan Profil Tanah. http://dasar2ilmutanah.blogspot.com. [Online] diakses tanggal 9 february 2012
Soil Survey Staff. 1998. Kunci Taksonomi Tanah. Edisi Kedua Bahasa Indonesia, 1999. Pusat Penelitian Tanah dan Agroklimat, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian
Sutanto, Rachman. 2005. Dasar-dasar Ilmu Tanah : Konsep dan Kenyataan. Yogyakarta : Penerbit Kanisius

Tidak ada komentar:

Posting Komentar